Pejabat StrukturalKepaniteraan
Data Pegawai
Nama | : | MUHAMMAD SHOLEH, S.H. |
NIP | : | 19841217 200912 1 004 |
Jabatan | : | PANITERA MUDA PIDANA |
Golongan Ruang | : | PENATA TK.I (III/D) |
Pendidikan
- S1 : Univ. 17 Agus. 1945 Samarinda (2008)
- SLTA : SMU Muhammadiyah 1, Samarinda (2003)
- SLTP : SLTP Negeri 4 Samarinda (2000)
- SD : SD Negeri 003 Tanjung Redeb (1997)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Pengadilan Negeri Tarakan (2009)
- Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Tarakan (2014)
- Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Malinau (2018)
- Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Malinau (2020)
- Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2024)
Penghargaan
- SATYA KARYA SEWINDU (2019)
- SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2020)
Sertifikat
Uraian Tugas
- Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara pidana;
- Pelaksanaan registrasi perkara pidana ;
- Pelaksanaan penerimaan permohonan praperadilan dan pemberitahuan kepada termohon ;
- Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan ;
- Pelaksanaan penghitungan, penyiapan dan pengiriman penetapan penahanan, perpanjangan penahanan dan penangguhan penahanan ;
- Pelaksanaan penerimaan permohonan ijin / persetujuan penggeledahan dan ijin/persetujuan penyitaan dari penyidik ;
- Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi ;
- Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali ;
- Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa dan melampirkan pemberitahuan isi putusan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung;
- Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap ;
- Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang sudah berkekuatan hokum tetap kepada Panitera Muda Hukum ;
- Pelaksanaan urusan tata usaha kepaniteraan pidana ;
- Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera
Data Pegawai
Nama | : | GEMA LISTYA ADHY SAPUTRA, SH. |
NIP | : | 19880516 201212 1001 |
Jabatan | : | PANITERA MUDA PERDATA |
Golongan Ruang | : | PENATA (III/C) |
Pendidikan
- S1 : Universitas Diponegoro (2011)
- SLTA : SLTA Kesatrian 2 Semarang (2006)
- SLTP : SLTP Negeri 15 Semarang (2003)
- SD : SD Negeri Pedurungan Kidul 07 (2000)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2013)
- KEPALA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN ORGANISASI DAN TATA LAKSANA (2015)
- Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2019)
- Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2020)
Penghargaan
Sertifikat
Uraian Tugas
- Menerima dan menyelesaikan secara administrasi berkas perkara perdata permohonan, gugatan ( termasuk verzet / derden verzet ) dan eksekusi yang diajukan oleh Pemohon / Penggugat / Pelawan atau Kuasanya ;
- Menentukan besarnya panjar biaya perkara ;
- Menerima resi pembayaran panjar biaya perkara perdata permohonan, gugatan, banding, kasasi (termasuk Verzet/ Derden Verzet) dan Eksekusi;
- Mengisi semua pembayaran perkara ke dalam aplikasi SIPP/CTS ;
- Mengisi berkas perkara Perdata ke dalam aplikasi SIPP/CTS ;
- Mencatat semua pembayaran perkara perkara ke dalam Buku Jurnal, Buku Bantu dan Buku Induk Keuangan Perkara (termasuk buku keuangan eksekusi, buku konsinyasi, buku HHK/PNBP) ;
- Menerima dan menyelesaikan secara administrasi berkas perkara perdata yang diajukan permohonan upaya hukum ( banding, kasasi, peninjauan kembali ) ;
- Melayani dan menyelesaikan secara administrasi permohonan Surat Keterangan ahli waris Khusus untuk perkara waarmerking dari warga masyarakat yang membutuhkan ;
- Melayani dan menyelesaikan secara administrasi permohonan Surat Kuasa Insidentil yang diajukan oleh Pemohon ;
- Membuat laporan bulanan dan tahunan serta disampaikan kepada Kepaniteraan Hukum ;
- Membuat laporan bulanan, keuangan perkara ke Badilum, Mahkamah Agung R.I., Pengadilan Tinggi Jawa Timur dan KOMDANAS ;
- Menyerahkan berkas perkara perdata in aktif ( telah mempunyai kekuatan hukum tetap ) kepada Kepaniteraan Hukum untuk diarsipkan ;
- Menyelesaikan tunggakan administrasi perkara perdata baik perkara perdata yang selesai pada tingkat pertama maupun perkara perdata yang diajukan upaya hukum (banding, kasasi, peninjauan kembali ) dan perkara yang diajukan eksekusi ;
Data Pegawai
Nama | : | HENDRA SURYANA, S.H. |
NIP | : | 19850411 200904 1 005 |
Jabatan | : | PANITERA MUDA HUKUM |
Golongan Ruang | : | PENATA MUDA TK.I (III/B) |
Pendidikan
- S1 : Universitas Balikpapan (2015)
- SLTA : SMK N 5 BALIKPAPAN (2003)
- SLTP : SLTP Negeri 8 Balikpapan (2000)
- SD : SD 068 (1997)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Pengadilan Negeri Balikpapan (2009)
- Juru Sita Pengganti Pengadilan Negeri Balikpapan (2015)
- Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2020)
Penghargaan
- SATYA KARYA SEWINDU (2020)
- SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2019)
Sertifikat
Uraian Tugas
- Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara pidana;
- Pelaksanaan registrasi perkara pidana ;
- Pelaksanaan penerimaan permohonan praperadilan dan pemberitahuan kepada termohon ;
- Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan ;
- Pelaksanaan penghitungan, penyiapan dan pengiriman penetapan penahanan, perpanjangan penahanan dan penangguhan penahanan ;
- Pelaksanaan penerimaan permohonan ijin / persetujuan penggeledahan dan ijin/persetujuan penyitaan dari penyidik ;
- Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi ;
- Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali ;
- Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa dan melampirkan pemberitahuan isi putusan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung;
- Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap ;
- Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang sudah berkekuatan hokum tetap kepada Panitera Muda Hukum ;
- Pelaksanaan urusan tata usaha kepaniteraan pidana ;
- Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera
Pejabat StrukturalKesektariatan
Data Pegawai
Nama | : | YULIANA DATUAN, S.E. |
NIP | : | 19830701 200904 2 007 |
Jabatan | : | KEPALA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN, ORGANISASI DAN TATA LAKSANA |
Golongan Ruang | : | PENATA TK I (III/D) |
Pendidikan
- S1 : Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar (2006)
- SLTA : SMA KATOLIK (2002)
- SLTP: SLTP KATOLIK (1999)
- SD : SDN 211 INPRES (1996)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Pengadilan Negeri Nunukan (2009)
- Kepala Urusan Keuangan Pengadilan Negeri Nunukan (2011)
- Kepala Urusan Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi, Dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Nunukan (2015)
- Kepala Urusan Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi, Dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2018)
Penghargaan
- SATYA KARYA SEWINDU (2018)
- SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2019)
Sertifikat
Uraian Tugas
- Melengkapi box file hakim,pegawai,honorer dalam lemari file.
- Membuat Surat Keputusan untuk diajukan kepada KPN untuk ditandatangani.
- Mencatat data hakim,pegawai dalam register buku induk, buku bantu Kepegawaian.
- Mengelola data Kepegawaian di Aplikasi SIKEP MA-RI.
- Mengelola absensi Pegawai pada Aplikasi KOMDANAS.
- Memperbaharui papan DUK, struktur organisasi dan data statistik Pegawai.
- Mengusulkan Kenaikan Pangkat baik kenaikan pangkat reguler, kenaikan pangkat pengabdian dan Penyesuaian Ijasah
- Membuat Kenaikan Gaji berkala, Hakim dan pegawai.
- Membuat usul jabatan dan usul pensiun hakim/pegawai.
- Membuat SPMT dan SPMJ hakim/ Pejabat.
- Membuat KP4 Hakim/Pegawai.
- Membuat DP3/SKP Hakim dan Pegawai.
- Mempersiapkan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan.
- Melaksanakan Pengawasan administrasi kepegawaian meliputi kelengkapan sarana tata usaha kepegawaian, SKP,DUK,Kenaikan Pangkat,Kenaikan Gaji Berkala,CUTI,absensi dll.
- Membuat laporan bulanan keadaan jumlah hakim dan pegawai dan Bezetting.
- Membuat Rekapitulasi absensi hakim dan pegawai setiap bulan.
- Membuat daftar nama hakim/pegawai yang mengikuti kegiatan pelatihan/ diklat/sosialisasi yg diselenggarakan oleh PT/MA.
- Membuat data profil hakim dan pegawai yang ditampilkan pada website.
- Membuat usulan peserta Diklat Pimpinan.
- Membuat absensi briefing/pra rapat dinas/ rapat dinas setiap bulan.
Data Pegawai
Nama | : | ERMA ANGGRIANI, SE |
NIP | : | 19850214 200912 2 005 |
Jabatan | : | KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN |
Golongan Ruang | : | PENATA MUDA Tk.I / III /B |
Pendidikan
- S1 : Universitas Mulawarman (2013)
- SLTA : SMK Muhammadiyah 2 Samarinda (2003)
- SLTP : Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda (2000)
- SD : SD Negeri 017 Samarinda (1997)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Umum Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2009)
- Staf Pidana Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2017)
- JSP Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2019)
- Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2023)
Penghargaan
- SATYA KARYA SEWINDU (2019)
- SATYALANCANA KARYA SATYA X TAHUN (2020)
Sertifikat
Uraian Tugas
- Mempersiapkan/mengirim SPP/SPM rutin, Gaji dan lainnya.
- Membuat SK Pengelola Keuangan untuk diajukan ke KPA untuk ditandatangani.
- Menyetor PNBP ke kas Negara.
- Melaksanakan pengawasan melekat administrasi umum dan keuangan.
- Melaksanakan Pemeriksaan Buku Kas Umum ,buku bantu dan penutupan Buku
- Kas Umum bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan oleh KPA.
- Membuat dan mengirim laporan Realisasi belanja dan penerimaan.
- Melakukan Rekonsiliasi ke KPPN setiap bulan.
- Menyusun dan Mengirim aplikasi Bapenas sesuai dengan PP. No.39 th 2006.
- Membuat dan mengirim laporan Realisasi Belanja dan PNBP triwulan melalui SAIBA
- Membuat dan mengirim laporan Realisasi Belanja dan PNBP persemester melalui SAIBA dan Manual.
- Menyampaikan Realisasi Anggaran setiap bulan untuk ditampilkan diwebsite
- Melaksanakan administrasi persuratan mengacu kepada kearsipan dinamis dengan meregister surat masuk, surat keluar & mengarsipkannya.
- 3Mencatat Barang-barang persediaan (ATK) ke dalam persediaan.
- Mencatat dan memberikan Nomor urut pendaftaran (NUP) BMN.
- Mencatat dan membuat Daftar Barang Ruangan (DBR) dan Kartu Inventaris Barang (KIB).
- 3Mencatat barang inventaris yg telah rusak untuk diusulkan penghapusan.
- Perawatan, pemeliharaan dan memperpanjang pajak kendaraan operasional roda 4 dan roda 2.
- Perawatan gedung kantor, halaman kantor,rumah Jabatan sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.
- Perawatan /perbaikan meubelair, AC, komputer dan sarana /prasarana lain dilaksanakan sesuai kebutuhan.
- Melaksanakan pengawasan administrasi umum dan keuangan.
- Membuat laporan Neraca (Simak BMN) setiap 6 bulan/Semesteran.
- Melakukan rekonsiliasi data BMN di neraca Simak BMN dengan Neraca SAIBA setiap 6 bulan/Semesteran.
- Melakukan Opname barang Persediaan setiap bulan.
- Mencatat jumlah buku baru yang diterima kedalam Buku Induk dan penomoran menurut klasifikasi.
- Mencatat peminjam buku dan pengembalian buku perpustakaan.
- Melakukan pemeliharaan dan perawatan buku-buku.
- Menyusun uraian tugas (job discription) petugas pengamanan dan kebersihan
Data Pegawai
Nama | : | OLIVER, S.T. |
NIP | : | 19930504 202012 1 001 |
Jabatan | : | Plt. KEPALA SUB. BAGIAN PERENCANAAN, T.I DAN PELAPORAN |
Golongan Ruang | : | PENATA MUDA (III/A) |
Pendidikan
- S1 : UNIVERSITAS GUNADARMA (2015)
- SLTA : SMA ANANDA BEKASI (2011)
- SLTP : SMP SANTA MARIA MONICA (2008)
- SD : SD SANTA MARIA MONICA (2005)
Riwayat Pekerjaan
- Staf Pengadilan Negeri Tanjung Selor (2021)
- Staf Pengadilan Negeri Tenggarong (2022)
Penghargaan
Sertifikat
Uraian Tugas
- Mengupayakan pengajuan RKA-KL dengan data pendukung yang akurat dan lengkap secara tepat waktu.
- Menyusun rencana kerja RKA-KL diperkirakan awal tahun, pertengahan tahun, dan akhir tahun berjalan.
- Menyusun konsep Reviu Rencana Strategis (Renstra) apabila ada;
- Menyusun konsep Rencana Kinerja Tahunan (RKT) ;
- Menyusun konsep Pentepan Kinerja Tahunan (PKT) ;
- Menyusun konsep Reviu Indikator Kinerja Utama (IKU) apabila ada;
- Menyusun konsep Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK);
- Menyusun konsep Program Kerja ;
- Menghimpun, menyusun dan mengkoordinasikan penyusunan Laporan Tahunan dan LKJIP.
- Meningkatkan kualitas jaringan.
- Meningkatkan pelayanan informasi melalui website.
- Melakukan monitoring pelaporan realisasi anggaran DIPA 01 dan DIPA 03 melalui website.
- Melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur hardware, meliputi server, komputer dan perangkat pendukungnya;
- Melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur jaringan komputer;
- Melaksanakan pengelolaan sistem dan teknologi informasi;
- Malakukan penyelarasan data / sinkronisasi antara SIPP lokal dengan website Pengadilan serta dengan database SIPP Mahkamah Agung RI.